Selamat Datang Di Blog Mas-Kode
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Mas-Kode,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Mudah Membuktikan Keliling dan Luas Lingkaran

Lingkaran

Lingkaran adalah suatu kumpulan titik titik yang terletak pada bidang yang melingkar. Di dalam lingkaran terdapat jari-jari dan diameter. Jari-jari lingkaran adalah jarak antara titik pusat ke titik ujung. Sedangkan Diameter lingkaran adalah jarak antara titik ujung ke titik ujung yang lain.

Nilai Phi adalah panjang suatu keliling lingkaran yang mempunyai diameter satu satuan atau dalam kata lain phi adalah 1 putaran penuh lingkaran (360 derajat)

Pembuktian Nilai Phi Lingkaran
Phi bukan bilangan rasional, tapi nilai phi adalah bilangan irasional. jadi phi tidak dapat dibuat menjadi a/b. bilangan irasional adalah bilangan desimal yang tidak terhingga dan selalu berulang ulang. jadi  nilai phi adalah  hanya suatu nilai pendekatan. jadi nilai phi adalah 22/7 = 3.14159265358979324836. 

Sifat-Sifat Lingkaran
1. Panjang Diameter adalah 2 kali panjang jari-jari
2. Memiliki sudut 360 derajat
3. Memiliki satu Titik Pusat (Center Point)
4. Memiliki Sumbu Simetri yang sama


Menghitung Keliling Lingkaran
Rumus Keliling Lingkaran adalah 2 Phi x R
Pembuktian Rumus Keliling Lingkaran




Menghitung Luas Lingkaran
Rumus luas lingkaran adalah Phi x R x R
Pembuktian Rumus Luas Lingkaran





Enter your email address to get update from Mas-Kode.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

6 comments

untuk perhitungan keliling lingkaran itu nilai l nya kan harusnya r tapi itu kok bisa jadi 0 gimana ya caranya, bisa tulung di jelaskan.

Balas

untuk perhitungan keliling lingkaran itu nilai l nya kan harusnya r tapi itu kok bisa jadi 0 gimana ya caranya, bisa tulung di jelaskan.

Balas

di bagian keliling lingkaran

kenapa lebar = 0

Balas

karena 0 itu adalah jangan anggap kalau dia adalah persegi karena nilai lebar itu di tiadakan karena kita membayangkan bentuk konversi dari persegi ke lingkaran, bayangin aja

Balas

Begini, keliling lingkaran pada gambar persegi panjang adalah jumlah panjang atas dan bawah dari persegi panjang. Untuk menghitung keliling lingkaran, yg dibutuhkan hanyalah jumlah panjang atas dan bawah persegi panjang, sehingga lebarnya harus nol

Balas

Copyright © 2013. Matematika dan Komputer - All Rights Reserved | Template Created by Mas-Kode Proudly powered by Blogger