Selamat Datang Di Blog Mas-Kode
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Mas-Kode,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Pengertian, Sejarah dan Manfaat Bahasa Pascal

 

Pengertian, Sejarah dan Manfaat Bahasa Program Pascal

Untuk pengantar dari bahasa pascal ini, kita lebih dulu mengenal Perngertian, Sejarah, Manfaat belajar bahasa pascal serta Kegunaan dalam kehidupan sehari-hari.

1.1.  Pengertian Bahasa Pascal

 Pascal adalah salah satu bahasa pemrograman komputer yang sering digunakan pada programmer peula. Pasca pada umumnya digunakan sebagai pengantar dasar yang diuntukkan memluai belajar algoritma pemrograman. 
Pascal relatif mudah dipelajari karena perintah-perintahnya yang mirip dengan bahasa inggris sehari-hari seperti begin, end, write, dan read. Pascal juga menjadi bahasa pemrograman yang digunakan pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang komputer.

1.2. Sejarah Bahasa Pascal

Pascal adalah bahasa pemrograman komputer yang dikembangkan oleh Niklaus Wirth pada tahun 1968–1969 dan dipublikasikan tahun 1970. 
Niklaus Wirth atau lengkapnya Niklaus Emil Wirth adalah seorang dosen, ilmuwan dan peneliti komputer berkebangsaan Swiss. Sebelum membuat Pascal, ia juga banyak mengembangkan bahasa pemrograman lain pada era 1960-an seperti Euler dan Algol W.
Nama Pascal dipilih untuk menghormati Blaise Pascal, seorang ilmuwan matematis Prancis yang pada tahun 1642 membuat kalkulator mekanis pertama di dunia. Kalkulator ini menjadi cikal bakal komputer modern.
Niklaus Wirth pada awalnya merancang bahasa Pascal untuk mengajarkan pemrograman kepada mahasiswa di Universitas ETH Zürich di Swiss. Pascal di desain menggunakan structured programming yang kemudian menjadi populer dan banyak digunakan oleh bahasa pemrograman setelahnya. Seiiring perkembangan komputer, bahasa pascal juga digunakan untuk aplikasi komersil.

1.3. Manfaat dan Fungsi Bahasa Pascal

Manfaat Turbo Pascal
  • Dapat membantu sistem administrasi pada perkantoran dan juga sekolah
  • Dapat memudahkan programmer dalam membuat sebuat aplikasi
  • Dapat membuat aplikasi permainan-permaian kecil
  • Dapat membuat fungsi-fungsi konversi seperti kalkulator, suhu, science .
  • Dapat membuat fungsi-fungsi word, date, number dan lainnya
Fungsi Turbo Pascal
  • Mengelompokkan beberapa instruksi tertentu dalam satu instruksi yang sering disebut sub-rutin (function).
  • Berguna untuk melakukan penghematan pada jumlah kode program dan praktis dalam melakukan proses perhitungan yang hasilnya ingin digunakan berkali-kali.
Enter your email address to get update from Mas-Kode.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Matematika dan Komputer - All Rights Reserved | Template Created by Mas-Kode Proudly powered by Blogger